Kamis, 09 Februari 2017

Pengertian dan Sejarah Musik Klasik

Musik klasik adalah musik yang diproduksi dalam seni, atau berakar dalam, tradisimusik liturgi Barat dan sekuler, yang mencakup periode yang luas dari sekitar abad ke-9 untuk menyajikan norma-norma sentral times.

Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Baratmusik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19
Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik.

Berikut adalah contoh dari tokoh musik klasik :

1.Franz Joseph Haydn
.Hasil gambar untuk Franz Joseph Haydn.
2.Frédéric Chopin
Hasil gambar untuk Frédéric Chopin
3.Johann Sebastian Bach
Hasil gambar untuk johann sebastian bach
4.Ludwig van Beethoven
Hasil gambar untuk Ludwig van Beethoven
5.Richard Wagner
Hasil gambar

Adapun manfaat dari musik klasik adalah :

1. Meningkatkan respon fisiologis
Pada saat mendengarkan musik klasik, akan meningkatkan aliran darah ke daerah otak, mengaktifkan pusat otonom, kognitif, dan emosional. Selain itu, otak melepaskan dopamin, yaitu zat kimia yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan.
2. Peningkatan IQ
Sebuah penelitian menunjukan hasil bahwa, anak-anak yang mengambil pelajaran musik menunjukkan kenaikan umum dalam bidang IQ. Sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik bisa mendorong bayi dalam kandungan untuk belajar membedakan berbagai jenis suara dan membantu memori auditori mereka.
3. Mengurangi rasa sakit pasca operasi
Sebuah tim dari Inggris menunjukkan hasil yang mengagumkan dengan mengurangi dosis pemberian opiat pada orang-orang pasca tindakan operasi lambung dengan dosis stabil musik klasik. Studi lain dalam Journal for Advanced Nursing menunjukkan bahwa musik klasik dapat mengurangi rasa sakit kronis.
4. Peningkatan emosional
Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan emosi seseorang, mereka lebih ekspresif dan efusif dalam mengutarakan pendapat.
5. Mengurangi insomnia
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah gangguan tidur.
6. Mengurangi resiko stress
Ketika mendengarkan musik klasik, beberapa organ tubuh mengalami efek yang menenangkan, seperti melambatnya debaran jantung serta pernafasan menjadi lebih dalam. Hal ini terjadi karena ketika mendengarkan musik klasik otak dipaksa melepaskan endofrin, sehingga dapat menjadikan tubuh rileks secara alami.
7. Meningkatkan memori (daya ingat)
Manfaat mendengarkan musik klasik memiliki efek yang pasti pada perkembangan memori. Musik klasik akan membantu dalam retensi dan belajar keterampilan pendengar. Ketika mendengarkan musik klasik terjadi rangsangan pada jalur otak, yang memproses penalaran spasial.
Hal ini adalah fungsi yang rumit dari otak kita yang dikenal sebagai penalaran spasial-temporal. Kemampuan ini membantu manusia belajar ilmu abstrak, rencana dan berpikir ke masa depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar